Sunday, October 4, 2015

Give Root Password For Maintenance (or type Control-D to Continue)

Kemarin waktu membuat Server Sistem Informasi untuk SMA di kab. Nabire-Papua saya mendapat permasalahan, permasalahan tersebut tiba-tiba terjadi dan jarang saya temui pada saat menggunakan Proxmox VE (Virtual Environment).
Apa boleh buat, saya (khususnya) dan anda yang mungkin mengalami masalah tersebut pasti tertantang untuk bisa T-Shoot. Apalagi kalau sudah ada Virtual Machine (VM) yang running didalam Proxmox tersebut dan sistem sudah bagus sebelumnya. Apakah kita langsung menginstal ulang semuanya tanpa mencoba untuk T-Shoot? Saya rasa itu kurang tepat.

Tips n Trik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi, kita harus menjadi pribadi yang inisiatif, maksudnya kita harus berusaha bagaimana caranya supaya permasalahan tersebut teratasi. Contoh dalam kasus ini saya berinisiatif  bergabung di Forum Proxmox, wal-hasil permasalahan tersebut mendapat titik cerah karena saya aktif bertanya dan menunggu jawaban-jawaban dari member, atau Staff dari Forum Proxmox tersebut. Begitulah tips n trik nya...


Gambar diatas adalah permasalahan yang saya hadapi, permasalahanya: Server tersebut tidak bisa langsung up VMs-VMs yang ada didalam Proxmox ketika server reboot | dg kata lain harus meminta Administrator untuk membuat VMs tersebut Up yaitu dengan entri pada keyboard Control-D. Nah, pertanyaanya sekarang adalah server tersebut berada di lain lokasi dan jika server tersebut reboot harus membutuhkan admin untuk menekan Control-D, apakah kita sebagai admin harus pergi ke tempat server tersebut hanya untuk menekan Control-D?

Problem
This is problem:

/dev/mapper/pve-data: UNEXPECTED INCONSISTENCY : RUN fsck MANNUALLY
.............
...............................
fsck died exit status 4
FAILED (code 4).
File system check failed.
....................
.................
(or type Control-D to Continue):_

Problem Solved yang saya dapatkan di Forum Proxmox adalah:

1. Ketika tampil seperti itu (gambar diatas) jangan buru-buru menekan Control-D. Tetapi "Give root password for maintenance" (berikan password root).
2. Setelah masuk super user silahkan eksekusi perintah dibawah ini:
fsck /dev/mapper/pve-data
3. Setelah itu tinggal mengikuti perintah selanjutnya, tinggal menekan "y" pada keyboard.
4. Setelah tidak ada perintah menekan tombol pada keyboard lagi, silahkan reboot server anda.

Semoga membantu anda yang mempunyai permasalahan yang sama seperti ini.



Give Root Password For Maintenance (or type Control-D to Continue)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.